Rpp Ips Kelas Vii Smp Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2018/2019
RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan file untuk para guru-guru SMP, yaitu file RPP mata pelajaran IPS khusus untuk guru yang mengajar pada kelas VII / 7 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) / atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Nah, bagi Anda yang tergolong guru SMP/MTs yang mengajar mata pelajaran IPS di tempat anda, tentunya anda membutuhkan sebuah RPP guna melengkapi perangkat mengajar Anda pada awal Semester 2 atau Semester Genap tahun fatwa 2018/2019 ini. Semoga artikel yang kami tulis ini dapat bermanfaat.
Download RPP IPS Semester 2 Kelas VII (7) SMP. Pada artikel ini telah kami tulis mengenai RPP dari pelajaran IPS di SMP. Anda dapat mendownload file RPP yang berbentuk Microsoft Word tersebut dengan mudah dan gratis, namun file RPP tersebut sudah kami kompres dalam bentuk zip atau .rar supaya aman dari serangan virus atau software berbahaya lainnya yang bisa menyusup pada saat Anda mendownload RPP yang kami bagikan ini. Untuk membukanya anda membutuhkan sebuah password yang sudah kami sertakan juga dalam artikel ini. untuk passwordnya silahkan lihat di bawah.
Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2017/2018 yang telah kami bagikan, namun cuplikan ini tidaklah utuh, untuk melihat versi utuhnya silahkan pribadi download saja pada link download yang sudah disediakan di bawah artikel ini:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP …
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi Pokok : Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
Alokasi waktu :
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- K.I. 1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya
- K.I. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, tolong-menolong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- K.I. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
- K.I. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (memakai, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
- KD 3.3 Memahami konsep interaksi antara insan dengan ruang sehingga menghasilkan banyak sekali kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, ajakan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
- KD 4.3. Menjelaskan hasil analisis ihwal konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan banyak sekali kegiatan ekonomi (produksi, distribusi,konsumsi, undangan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, akseptor didik diharapkan mampu :
a. Menjelaskan kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia
b. Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan insan
c. Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi
d. Menjelaskan kegiatan produksi
e. Menjelaskan kegiatan distribusi
f. Menjelaskan kegiatan konsumsi
g. Menjelaskan kaitan antara usul, penawaran dan harga
h. Menjelaskan kiprah pasar bagi kehidupan masyarakat
i. Menjelaskan kiprah IPTEK dalam kegiatan ekonomi
j. Menjelaskan kiprah kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
k. Menjelaskan korelasi antara kelangkaan dengan usul-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan insan.
D. Materi Pembelajaran
1. Kelangkaan dan kebutuhan manusia
a. Kelangkaan sebagai permasalahn ekonomi
b. Kebutuhan insan
c. Tindakan, motif dan prinsip ekonomi
2. Kegiatan Ekonomi
a. Kegiatan produksi
b. Kegiatan distribusi
c. Kegiatan konsumsi
3. Permintaan, penawaran, pasar dan harga
a. Permintaan
b. Penawaran
c. Pasar
d. Harga
4. Peran Iptek dalam kegiatan ekonomi
a. Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi
b. Peran Iptek dalam menunjang kegiatan ekonomi
5. Peran Kewrirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
a. Kreativitas
b. Kewirausahaan
6. Hubungan antara kelangkaan dengan seruan-penawaran untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Metode : Problem based learning
F. Media dan Bahan
Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
Bahan : Buku Paket dan LKS
G. Sumber Belajar
a. Buku Paket K13
b. Referensi dari Internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama sampai pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan
1). Salam, doa, dan mengusut kehadiran penerima didik.
2). Apersepsi:
Dengan menanyakan pada penerima didik : Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? Bagaimana hubungan keterbatasan tersebut dengan kebutuhan insan? Bagaimana hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi? Dengan pertanyaan tersebut diperlukan bisa mengajak peserta didik mengamati gambar yang disajikan pada prawacana.
3). Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
1). Mengamati: Peserta didik mengamati gambar kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan :
2). Menanya: Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan manusia, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
3). Mengumpulkan data/isu
a). Peserta didik membaca buku teks pelajaran/rujukan lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia, kebutuhan insan, dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi.
b). Peserta didik mencari informasi tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi insan (acara kelompok pada buku siswa), kebutuhan manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (acara kelompok pada buku siswa).
4). Mengasosiasi
a). Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk mengalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan insan (acara kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (kegiatan kelompok pada buku siswa).
b). Peserta didik merumuskan selesai dari hasil curah pendapat perihal kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi insan (aktivitas kelompok pada buku siswa), kebutuhan insan (acara kelompok pada buku siswa), dan tindakan, motif dan prinsip ekonomi (acara kelompok pada buku siswa).
5). Mengomunikasikan
a). Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok, dan anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
b). Peserta didik menyajikan hasil balasan tersebut pada media: majalah dinding kelas/sekolah, majalah sekolah atau menuliskan pada lembar kertas sebagai laporan hasil diskusi masing-masing kelompok.
c. Penutup
1). Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2). Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh akseptor didik.
3). Peserta didik diminta melaksanakan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang dipakai.
4). Peserta didik diberi pesan perihal nilai dan moral
5). Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok wacana jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6). Peserta didik diingatkan untuk membaca bahan pada subbab berikutnya yaitu kegiatan ekonomi dan mengerjakan aktivitas Individu pada buku siswa
2, Pertemuan Keempat sampai Keenam
a. Pendahuluan
1). Peserta didik bersama guru memberikan salam dan berdoa.
2). Peserta didik bersama guru mengondisikan kelas.
3). Guru memberi motivasi kepada peserta didik
4). Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa untuk mengamati keadaan di lingkungan sekitar mereka selanjutnya Guru menanyakan ihwal kegiatan apa saja yang kalian lihat ?
5). Peserta didik mendapatkan info topik dan tujuan pembelajaran dari guru
b. Kegiatan Inti
1). Mengamati
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang kegiatan ekonomi:
2). Menanya
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan wacana :
a. Kegiatan produksi
b. Kegiatan distribusi
c. Kegiatan konsumsi
Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, akseptor didik menentukan/menentukan sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
3). Mengumpulkan data/gosip
a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran /rujukan lain yang relevan wacana kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
b) Peserta didik mencari warta wacana kegiatan produksi (kegiatan kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (acara kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (kegiatan kelompok pada buku siswa).
4). Mengasosiasi
a) Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis kegiatan produksi (acara kelompok pada buku siswa), kegiatan distribusi (aktivitas kelompok pada buku siswa), dan kegiatan konsumsi (kegiatan kelompok pada buku siswa ).
b) Peserta didik merumuskan akhir dari hasil curah pendapat ihwal kegiatan produksi, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi.
5). Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan hasil analisis info di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memperlihatkan tanggapan.
b) Peserta didik menyajikan hasil tamat pada media antara lain:
majalah dinding kelas/sekolah atau majalah sekolah
c. Penutup
1) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2) Guru memberikan klarifikasi atas pertanyaan yang disampaikan oleh penerima didik.
3) Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang dipakai.
4) Peserta didik diberi pesan wacana nilai dan moral.
5) Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok wacana jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6) Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada subbab seruan, penawaran dan harga.
7) Peserta didik diberikan peran untuk mengerjakan aktivitas individu berikut ini.
J. Penilaian
a. Teknik Penilaian
1. Sikap
2. Pengetahuan
3. Keterampilan
b. Remidial
Bagi Peserta Didik yang belum mencapai KKM diberi remedial yaitu mempelajari kembali bahan yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.
Setelah melaksanakan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan belajar dan topik-topik yang belum dikuasai, guru dapat melakukan program remedial menurut pada planning kegiatan yang telah ditetapkan.
c. Pengayaan
Pengayaan dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil evaluasi. Pengayaan mampu dilakukan dengan cara akseptor didik mampu membaca buku teks lain atau browsing internet terkait dengan materi yang bahan yang dipelajari.
……………..,…………………………
Mengetaui,
Kepala Sekolah … Guru Mata Pelajaran
_____________________ ________________________
NIP. … NIP. ...
Download Juga: Kumpulan RPP Kelas VII SMP Semester 2 2018/2019
*keterangan:
Demikianlah tadi beberapa cuplikan mengenenai RPP IPS Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Untuk melihat versi lengkapnya Anda bisa eksklusif mendownload file aslinya pada link download dibawah ini :
password: https://arsipkansoal.blogspot.com
Link Donwload: