Silabus Ips Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ta 2018/2019

Silabus IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019. Pada artikel ini kami akan berikan informasi mengenai Silabus jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang telah dijadikan patokan guru dalam menyusun program pembelajaran atau perangkat pembelajarannya seperti PROTA, PROSEM, Silabus, dan RPP untuk Kelas VII, VIII dan IX (7,8, dan 9) SMP/MTs di seluruh Indonesia yang menggunakan kurikulum 2013. Silabus yang kami bagikan ini dapat anda gunakan sebagai acuan dalam pembelajarannya, terdapat beberapa revisi mengenai materi yang akan diajarkan kepada peserta didik di sekolah.

 Pada artikel ini kami akan berikan informasi mengenai  Silabus IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ta 2018/2019

Download Silabus IPS K13 Revisi 2017/2018 SMP/MTs. Dalam artikel ini tidak serta merta kami hanya menampilkan link download untuk menuju atau mengunduh file aslinya namun kami juga menyediakan informasi yang berguna terkait silabus yang nantinya akan anda download. Di bawah ini juga kami tampilkan beberapa cuplikan isi dari silabus SMP/MTS kelas VII, VIII dan IX sehingga anda sanggup melihat terlebih dahulu dan mencocokkannya. 

MODEL SILABUS MATA PELAJARAN IPS
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2017

I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Perkembangan  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan  perubahan  masyarakat  pada  tataran lokal,  nasional,  dan  internasional  menjadi  landasan  utama  dalam  pengembangan Kurikulum  2013.  Dalam  Kurikulum  2013,  Mata  Pelajaran  Ilmu  Pengetahuan  Sosial  (IPS) memiliki  kontribusi  terhadap  pembentukan  pengetahuan,  sikap,  dan  keterampilan  serta penguasaan  TIK  (Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi)  peserta  didik  untuk  menghadapi tantangan  global pada abad  21.  Sebagai bagian  dari  masyarakat  dunia, peserta didik  harus memahami  lingkungan  dan  masyarakat  secara  lokal,  nasional  dan  global,  menyadari keragaman  budaya  (multikultur),  mengembangkan  keterampilan  sosial  dan  menguasai perkembangan teknologi.
Mata  Pelajaran  IPS  merupakan  salah  satu  mata  pelajaran  wajib  di  SMP/MTs  yang memadukan  (integrated)  konsep  geografi,  sosiologi,  ekonomi,  dan  sejarah.  Mata Pelajaran  IPS  menggunakan  geografi  sebagai  titik  tolak  (platform)  kajian  dengan pertimbangan  semua  tempat,  benda,  sumber  daya  dan  peristiwa  terikat  dengan  lokasi.
Tujuannya  adalah  untuk  menekankan  pentingnya  ruang  sebagai  tempat  hidup  dan sumberdaya  bagi  manusia,  mengenal  potensi  dan  keterbatasan  ruang,  karena  itulah  ruang selalu  saling  berhubungan  (konektivitas  antarruang)  untuk  saling  melengkapi.  Akibat  dari interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, kondisi ruang senantiasa berubah menurut waktu dan perkembangan teknologi yang digunakan oleh manusia.
Pembelajaran  IPS  diorganisasikan  dengan  pendekatan  interdisipliner,  multidisipliner  atau transdisipliner  dari  Ilmu-ilmu  Sosial,  Humaniora,  dan  Psikologi  sesuai  perkembangan peserta  didik.  Dalam  kontek  pembelajaran  IPS,  ruang  dimaknai  sebagai  ruang  kehidupan di  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  (NKRI).  Pembelajaran  IPS  diharapkan  dapat mengembangkan  rasa  cinta  terhadap  tanah  air,  memperkokoh  kesatuan  dan  persatuan NKRI.  Adapun  dalam  konteks  pembentukan  manusia  Indonesia,  pembelajaran  IPS  di SMP/MTs  diharapkan  dapat  memberi  pemahaman  tentang  lingkungan  dan  masyarakat dalam  lingkup  nasional  dan  internasional  sehingga  dapat  mengembangkan  pengetahuan, sikap,  berpikir  logis,  sistematis,  kritis,  analitis,  dan  berketerampilan  sosial.  Semua  itu, pada  akhirnya  dapat  meningkatkan  pemahaman  potensi  wilayah  Indonesia,  juga mengembangkan  nasionalisme,  memperkokoh  sikap  kebangsaan,  dan  mampu  bekerja sama  dalam  masyarakat  majemuk  selaku  warga  masyarakat,  warga  negara  dan  warga dunia.
Silabus  ini  merupakan  hasil  perbaikan  dokumen  sebelumnya  (Lampiran  Permendikbud Nomor  58  Tahun  2014).  Perbaikan  dilakukan  atas  dasar  masukan  publik  (masyarakat sipil,  asosiasi  profesi,  perguruan  tinggi,  dan  sekolah)  terhadap  ide,  dokumen,  dan implementasi  kurikulum  yang  diperoleh  melalui  monitoring  dan  evaluasi  dari  berbagai media.  Silabus  perbaikan  ini  disusun  dengan  format  dan  penyajian/penulisan  yang sederhana  sehingga  mudah  dipahami  dan  dilaksanakan  oleh  guru.  Penyederhanaan  format dimaksudkan  agar  penyajiannya  lebih  efisien,  tidak  terlalu  banyak  halaman  namun lingkup  dan  substansinya  tidak  berkurang,  serta  tetap  mempertimbangkan  tata  urutan (sequence)  materi  dan  kompetensinya.  Penyusunan  silabus  ini  dilakukan  dengan  prinsip keselarasan  antara  ide,  desain,  dan  pelaksanaan  kurikulum;  mudah  diajarkan  oleh  guru (teachable);  mudah  dipelajari  oleh  peserta  didik  (learnable);  terukur  pencapainnya (measurable),  dan  bermakna  untuk  dipelajari  (worth  to  learn)  sebagai  bekal  untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan  dan  melaksanakan  pembelajaran,  serta  mengakomodasi  keunggulankeunggulan  lokal.  Atas  dasar  prinsip  tersebut,  komponen  silabus  mencakup  kompetensi
dasar,  materi  pokok,  alternatif  pembelajaran  dan  penilaiannya.  Uraian  pembelajaran  yang terdapat  dalam  silabus  merupakan  alternatif  kegiatan  yang  dirancang  berbasis  aktivitas.
Pembelajaran  tersebut  merupakan  alternatif  dan  inspiratif  sehingga  guru  dapat mengembangkan  berbagai  model  yang  sesuai  dengan  karakteristik  masing-masing  mata pelajaran.  Dalam  melaksanakan  silabus  ini,  guru  diharapkan  bertindak  kreatif  dalam
pengembangan  materi,  pengelolaan  proses  pembelajaran,  penggunaan  metode  dan  model pembelajaran,  yang  disesuaikan  dengan  situasi  dan  kondisi  masyarakat  serta  tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Kompetensi yang Diharapkan Setelah Peserta didik Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Mata  pelajaran  IPS  pada  jenjang  SD/MI  dan  SMP/MTs  dilanjutkan  dan  tidak  terpisahkan dari  mata  pelajaran  Geografi,  Sosiologi,  Ekonomi,  dan  Sejarah  pada  jenjang  SMA/MA.
Oleh  karena  itu,  pengembangan  kompetensi  Mata  Pelajaran  IPS  SMP/MTs memperhatikan  prinsip  relevansi  dan  keberlanjutan  (kontinuitas)  dari  kompetensi  yang telah diberikan sebelumnya.
Berikut  adalah  kompetensi  yang  diharapkan  setelah  peserta  didik  mempelajari  mata pelajaran IPS SMP/MTs.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK DAN  PEMBELAJARAN
A. Kelas VII
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Kompetensi  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran tidak  langsung  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  dan Kompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan memperhatikan  karakteristik  mata  pelajaran,  serta  kebutuhan  dan  kondisi  peserta  didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang  proses pembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
3.1 memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
4.1 menyajikan hasil telaah konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan

Materi Pokok
 Kondisi geografis Indonesia (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi
 Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
 Sumber Daya Manusia - jumlah, sebaran, dan komposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
- keragaman etnik (aspekaspek budaya
 Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Indonesia)
 Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
 Pembelajaran saintifik yang berorientasi pada kegiatan peserta didik de ngan mengutamakan aktivitas inquiry untuk terbinanya keterampilan berpikir kritis, meningkatkan kemampuan literasi informasi dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Pembelajaran
 Kegiatan pembelajaran diselaraskan dan atau dapat mengikuti tahapan sebagai berikut:
- Mengamati peta kondisi geografi di Indonesia
- Membuat peta penyebaran sumber daya alam di Indonesia
- Membandingkan data kependudukan (sebaran dan pertumbuhan) berdasarkan tahun
- Menyajikan data  bentuk tabel dan grafik

Kelas VIII
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Kompetensi  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajaran tidak  langsung  (indirect  teaching)  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan  memperhatikan  karakteristik  mata  pelajaran,  serta  kebutuhan  dan  kondisi  peserta didik.  Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang  proses pembelajaran  berlangsung,  dan  atau  ketika  pembelajaran  aspek  Kompetensi  Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dilaksanakan di kelas.
Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
3.1 memahami perubahankeruangan dan interaksiantarruang di Indonesiadan negara-negara ASEANyang diakibatkan olehfaktor alam dan manusia(teknologi, ekonomi,pemanfaatan lahan, politik)dan pengaruhnya terhadapkeberlangsungankehidupan ekonomi, sosial,budaya, politik
4.1 menyajikan hasil telaahtentang perubahankeruangan dan interaksiantarruang di Indonesiadan negara-negara ASEANyang diakibatkan olehfaktor alam dan manusia(teknologi, ekonomi,pemanfaatan lahan, politik)dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial,budaya, politik

Materi Pokok
 Kondisi geografis negaranegara ASEAN (letak danluas, iklim, geologi, rupabumi, tata air, tanah, floradan fauna) melalui petarupa bumi
 Potensi Sumber Daya Alam(jenis sumber daya,penyebaran di darat danlaut)
 Sumber Daya Manusia
- jumlah, sebaran, dankomposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas (pendidikan,kesehatan, kesejahteraan;dan
- keragaman etnik (aspekaspek budaya.
 Interaksi antarruang(distribusi potensi wilayahNegara-negara ASEAN)
 Dampak interaksiantarruang (perdagangan,mobilitas penduduk)
 Pembelajaran berbasismasalah denganmengutamakan aktivitasinquiry dan kooperatifuntuk terbinanya berpikirkritis, inovatif,berkolaborasi,memecahkan masalah,dan  meningkatkanliterasi informasi dankomunikasi, sertakemampuanberkomunikasi.

Pembelajaran
 Kegiatan pembelajarandiselaraskan dan ataudapat mengikuti tahapansebagai berikut:
- Mengamati petakondisi geografi danpersebaran potensiSumber Daya Alam dinegara-negara ASEAN
- Membuat petapenyebaran sumberdaya alam di negaranegara ASEAN yangbersumber dari atlasdan atau sumber lainyang relevan.
- Membandingkan datakependudukan(sebaran danpertumbuhan) dinegara-negara ASEANberdasarkan waktu danruang.

Kelas IX
Alokasi waktu :4  jam pelajaran/minggu
Kompetensi  Sikap  Spiritual  dan  Kompetensi  Sikap  Sosial  dicapai  melalui  pembelajarantidak  langsung  (indirect  teaching)  pada  pembelajaran  Kompetensi  Pengetahuan  danKompetensi  Keterampilan  melalui  keteladanan,  pembiasaan,  dan  budaya  sekolah  dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan  dan  pengembangan  kompetensi  sikap  dilakukan  sepanjang  prosespembelajaran  berlangsung,  dan  dapat  digunakan  sebagai  pertimbangan  guru  dalammengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran  untuk  Kompetensi  Pengetahuan  dan  Kompetensi  Keterampilan  sebagaiberikut ini.

Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
3.1 memahami perubahankeruangan dan interaksiantarruang negara-negaraAsia dan benua lainnyayang diakibatkan faktoralam, manusia danpengaruhnya terhadapkeberlangsungankehidupan manusia dalamekonomi, sosial,pendidikan dan politik
4.1 menyajikan telaah tentangperubahan keruangan daninteraksi antarruangnegara-negara Asia danbenua lainnya yangdiakibatkan faktor alam,manusia dan pengaruhnyaterhadap keberlangsungankehidupan manusia dalamekonomi, sosial,pendidikan dan politik

Materi Pokok
 Kondisi geografis BenuaAsia dan Benua lainnya(letak dan luas, iklim,geologi, rupa bumi, tata air,tanah, flora dan fauna)melalui peta rupa bumi
 Potensi Sumber Daya Alam(jenis sumber daya,penyebaran di darat danlaut)
 Sumber Daya Manusia
- jumlah, sebaran, dan komposisi;
- pertumbuhan;
- kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan
- keragaman etnik(aspek-aspek budaya
 Interaksi antarruang(distribusi potensi
wilayah Benua Asia danBenua lainnya)
 Dampak interaksiantarruang (perdagangan,mobilitas penduduk)

Pembelajaran
 Pembelajaran saintifikyang berorientasi padakegiatan peserta didikdengan mengutamakanaktivitas inquiry untukterbinanya kemampuanberpikir kritis, kreatif,meningkatkan kemampuanliterasi media, danmenguasai teknologiinformasi dan komunikasi.
 Kegiatan pembelajarandiselaraskan dan atau dapatmengikuti tahapan sebagaiberikut:
- Mengamati peta kondisigeografi di Benua Asiadan benua lainnya
- Membuat petapenyebaran sumber dayaalam di Benua Asia danbenua lainnya
- Membandingkan datakependudukan  (sebarandan pertumbuhan)berdasarkan waktu danruang.
- Menyajikan datakependudukan dalambentuk tabel dan grafik.
- Menganalisis dampakpositif dan negatifinteraksi  antar ruangdan antar negara terkaitdengan arus tenagakerja, perdagangan pasarbebas, pengungsian, danperdagangan ilegal.

Itulah tadi beberapa cuplikan isi yang hanya menggambarkan sebagian dari silabus yang telah dikeluarkan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia yaitu Silabus IPS Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs. Untuk dapat melihat file utuh Selengkapnya bisa anda download file aslinya pada link download yang sudah kami sediakan.


Link Download:

Subscribe to receive free email updates: