Silabus Bahasa Indonesia Smp/Mts K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Selamat datang para guru-guru yang mengajar di SMP dan MTs di seluruh Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin membagikan file Silabus Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi Terbaru tahun ajaran 2018/2019 untuk siswa jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Silabus ini sengaja kami bagikan kepada guru-guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMP/MTs. Pastinya mereka sangat membutuhkan file Silabus ini guna untuk menyusun perangkat pembelajaran di awal semester 1 maupun awal semester 2 tahun fatwa 2018/2019 ini. 

guru yang mengajar di SMP dan MTs di seluruh Indonesia Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Download Silabus Bahasa Indonesia K13 Revisi 2017 SMP/MTs. Pada artikel ini telah kami sediakan link download yang terletak di bawah, sehingga anda dapat langsung mendownload file tersebut untuk disimpan di komputer anda masing-masing dan tinggal melihat beberapa point-point yang dapat digunakan untuk menyusun RPP masing-masing guru. Namun, sebelum anda mendownload, anda juga dapat melihat cuplikan isi dari Silabus yang kami bagikan sehingga anda dapat melihat dulu sebagian isi silabusnya. 

SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
(SMP/MTs)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2017

1. PENDAHULUAN 

A. Rasional
Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan biar siswa bisa mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal lingkup materi yang saling bekerjasama dan saling mendukung pengembangan kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis) siswa. Kompetensi perilaku secara terpadu dikembangkan melalui kompetensi pengetahuan kebahasaan dan kompetensi keterampilan berbahasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut ialah bahasa (pengetahuan ihwal Bahasa Indonesia); sastra (pemahaman, apresiasi, balasan, analisis, dan penciptaan karya sastra); dan literasi (perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga simpel dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara wangsit, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini merupakan teladan bagi guru dalam melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia supaya siswa mampu membuatkan kepercayaan diri sebagai komunikator, pemikir (termasuk pemikir imajinatif), dan menjadi warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Silabus ini bersifat fleksibel. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia secara leluasa dapat membina dan berbagi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berkomunikasi yang diperlukan siswa dalam menempuh pendidikan, hidup di lingkungan sosial, dan berkecakapan di dunia kerja.

B. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setelah mempelajari mata pelajaran Bahasa Indonesia di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diharapkan siswa mampu:

1. berbahasa Indonesia dengan penekanan pada kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis;
2. membuatkan kemampuan mendengarkan, membaca, memirsa (viewing), berbicara, dan menulis melalui media teks. Teks merupakan perwujudan acara sosial dan mempunyai tujuan sosial. Pencapaian tujuan ini diwadahi oleh karakteristik: cara pengungkapan tujuan sosial (yang disebut struktur retorika), pilihan kata yang sesuai dengan tujuan, dan tata bahasa yang sesuai dengan tujuan komunikasi; dan
3. berkomunikasi dalam bentuk goresan pena, lisan, atau multimodal (yakni teks yang menggabungkan bahasa dan cara/media komunikasi lainnya seperti visual, suara, atau lisan sebagaimana disajikan dalam film atau penyajian komputer).

C. Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Kompetensi yang diharapkan adalah siswa bisa:

SMP/MTs (Kelas VII – IX) : menjadi manusia yang memiliki kemampuan berbahasa dan bersastra untuk membuatkan ilmu pengetahuan.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN

A. Kelas VII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/ahad
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaranberlangsung dan sanggup digunakan sebagai pertimbangan guru dalam berbagi karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni kawasan) yang didengar dan dibaca
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni kawasan, dll) yang didengar dan dibaca

Materi Pokok
Teks deskripsi
 Pengertian teks deskripsi
 Isi teks deskripsi
 Ciri umum teks deskripsi
 Struktur teks deskripsi
 Kaidah kebahasaan

Materi Pembelajaran 
 Mengamati model-model teks deskripsi
 Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
 Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang meliputi struktur dan kaidah kebahasaannya
 Mengerjakan sejumlah acara secara berkelompok dan individual untuk memilih isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya
 Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari banyak sekali sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya

dari seterusnya....

B. Kelas VIII
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/ahad
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, adaptasi, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi karakter siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar 

3.1 Mengidentifikasi unsurunsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
4.1 Menyimpulkan isi dari isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Materi Pokok 
 Pengertian teks informasi
 Unsur-unsur informasi (5 W + 1H)
 Ringkasan dan penyimpulan info
 Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok isu
 Tanggapan terhadap isi gosip

Pembelajaran
 Mengamati teks info, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan
 Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman ihwal unsur-unsur info
 Mendiskusikan langkahlangkah menentukan pokokpokok/unsur-unsur informasi
 Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsurunsur teks warta yang dibaca
 Menanggapi gosip

C. Kelas IX
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran/ahad
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, penyesuaian, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam berbagi aksara siswa lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar 
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada kuliner, adanya vitamin pada masakan, dll)
4.1 Menyimpulkan tujuan, materi/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi Pokok
 Fungsi teks laporan
 Pengertian teks laporan
 Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperim en)
 Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Pembelajaran
 Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
 Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian) 
 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, tanda baca/ejaan
 Menyampaikan isi informasi perihal struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari file Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs K13 Revisi Terbaru 2017/2018 yang mampu anda download pada link download di bawah ini: 

Link Download: 

Subscribe to receive free email updates: