Silabus Ips Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019 Kelas 4,5,6

Silabus IPS Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019. Pada artikel ini akan kami ulas dan bagikan file Silabus Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD/MI Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru di Tahun pelajaran 2018/2019. Yang membutuhkan silabus biasanya yaitu para tenaga pendidik / guru yang akan mengajar di sekolah. Khusus untuk Guru SD (Sekolah Dasar) yang mengajar mata pelajaran IPS di kelas 4,5,6 Anda mampu mengunduh file Silabus Revisi terbaru ini dan kemudian dapat menyusun RPP dan perangkat lain yang dipakai sebelum memulai pembelajaran pada awal Semester 1 (ganjil) atau Semester 2 (genap).


 Pada artikel ini akan kami ulas dan bagikan file Silabus Ilmu Pengetahuan Sosial  Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019 Kelas 4,5,6

Berikut ini merupakan gambaran umum dan cuplikan isi Silabus IPS Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru di Tahun pelajaran 2018/2019 yang dapat Anda download.

SILABUS MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (Sekolah Dasar/MI)


I. PENDAHULUAN
Silabus Mata Pelajaran IPS SD/MI disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I sampai dengan Kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran IPS SD/MI ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.

C. Kompetensi Setelah Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Konten pendidikan IPS terdiri atas pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang dikembangkan dari masyarakat dan disiplin ilmu-ilmu sosial. Secara rinci, konten IPS meliputi: (1) aspek pengetahuan tentang kehidupan masyarakat di sekitarnya, bangsa, dan umat manusia dalam berbagai bidang kehidupan dan lingkungannya; (2) aspek keterampilan terdiri atas berpikir logis dan kritis, membaca, keterampilan belajar (learning skills), memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat-berbangsa (3) aspek sikap terdiri atas nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, keingintahuan, kemandirian, menghargai prestasi, berkompetisi, kreatif dan inovatif.

Muatan IPS di kelas I sampai dengan Kelas III terintegrasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn. Kompetensi yang diharapkan setelah peserta didik mengikuti pembelajaran IPS di SD/MI, yaitu:

Kelas I-III
Kelas I, II dan III terintegrasi dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn
Kompetensi yang diharapkan adalah:

- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan waktu, manusia, dan lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial di lingkungan setempat
- Mengenal diri dan keluarga/ orang-orang di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga, teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat
- Menceritakan tentang diri dan keluarga/ orang-orang di tempat tinggalnya, peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri sendiri dan keluarga teknologi produksi, komunikasi, serta transportasi di lingkungan setempat

Kelas IV
- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan waktu, manusia, dan lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia
- Mengenal konsep dan karakteristik ruang, waktu dan aktifitas manusia dalam kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya,
- Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama dalam masyarakat
- Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa Indonesia

Kelas V-VI

- Menerima karunia Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dalam mengelola lingkungannya
- Menunjukkan perilaku sosial dan budaya yang mencerminkan dirinya sebagai warganegara
Indonesia
- Menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memanfaatkannya secara bijaksana
- Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan perubahan sosial yang terjadi
- Menceritakan peran ekonomi
- Meneladani tindakan heroik pemimpin bangsa, dalam kehidupan sosial dan budaya bangsa Indonesia
- Menceritakan hasil eksplorasi mengenai kehidupan bangsa Indonesia

D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Mata pelajaran IPS diberikan sejak jenjang SD/MI sampai SMA/MA. Pada jenjang SD/MI kelas I, II dan III muatan IPS diintegrasikan pada kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika, sedangkan untuk kelas IV sampai kelas VI, IPS menjadi mata pelajaran tersendiri tetapi pembelajarannya dilakukan secara tematik terpadu dengan mata pelajaran lainnya.
Kerangka Pengembangan Kurikulum IPS SD/MI kelas IV sampai kelas VI mengikuti pengorganisasian Kompetensi Inti sebagai berikut.

Kelas IV
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kelas V
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kelas VI
1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya , serta cinta tanah air
3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain
4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (Indirect Teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karkateristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPS untuk Sekolah Dasar:
Ruang lingkup mata pelajaran IPS SD
1. Karakteristik keruangan dalam lingkup nasional dan regional
2. Keragaman sosial, interaksi sosial dan perubahan sosial
3. Kegiatan ekonomi penduduk
4. Perubahan masyarakat Indonesia sejak jaman Hindu Buddha sampai sekarang.

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kelas IV
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.


Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

Materi Pembelajaran
• Letak dan luas kabupaten/ kota dan provinsi dalam peta
• Kondisi/karak-teristik alam (iklim, bentuk muka bumi, flora, fauna)
• Kondisi kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran)
• Kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam

Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati gambar/peta/ foto/video/teks bacaan yang relevan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
• Mendiskusikan/mengum-pulkan data yang berhubungan dengan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam.
• Mengidentifikasi dan menyimpulkan bersama tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat.

B. Kelas V
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi mengenai karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi

Materi Pembelajaran
• Letak dan luas Indonesia dalam peta
• Kondisi alam wilayah Indonesia (iklim, geologi, bentuk muka bumi, flora, fauna)
• Karakteristik kependudukan (jumlah, kepadatan, persebaran dan pertumbuhan)
• Pengaruh negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi

Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati gambar/peta/foto/ video/ tabel/ teks bacaan dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Mendiskusikan dan mengumpulkan informasi dari sumber lain yang berhubungan dengan karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi
• Menyajikan secara lisan maupun tertulis hasil identifikasi tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris, karakteristik kependudukan dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ekonomi, budaya dan transportasi

C. Kelas VI
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakte-ristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN

Materi Pembelajaran
• Posisi dan luas wilayah ASEAN pada peta Asia
• Karakteristik kondisi alam kawasan ASEAN
• Karakteristik kependudukan (jumlah, sebaran, komposisi, kepadatan dan pertumbuhan penduduk) kawasan ASEAN
• Negara-negara ASEAN (11 negara)
• Posisi wilayah ASEAN dalam politik, ekonomi, sosial budaya

Kegiatan Pembelajaran

• Mengamati peta Asia/gambar/video/ grafik/teks/lagu/gam-bar/dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mendiskusikan/mem-baca dari berbagai sumber/membuat tabel karakteristik/wawan-cara tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mempresentasikan secara lisan maupun tertulis tentang hasil identifikasi dan hasil diskusi dari karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
Download Juga: Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018
*keterangan:
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dan gambaran umum mengenai Silabus IPS SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019. Anda mampu mengunduh versi lengkap dan utuhnya pada link download di bawah ini. Semoga file tersebut dapat bermanfaat bagi para guru yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Sekian Terima kasih.

Link Download:

Subscribe to receive free email updates: