Soal Uas Ppkn Kelas X, Xi, Xii Semester 1 2018/2019 Dan Jawaban
SOAL UAS PPKN Kelas X, XI, XII Semester 1 2018/2019. Pada kesempatan ini, kami ingin menyebarkan file Soal dan Jawaban PPKn untuk UAS Semester 1 Kelas X, XI dan XII yang bisa digunakan untuk bahan referensi UAS Semester 1 di tahun pedoman 2018/2019 ini. Menjelang Ulangan Akhir Semester 1 Tahun pedoman 2018/2019 ini, biasanya para guru sudah sangat sibuk sekali mempersiapkan kartu soal dan kisi-kisi soal UAS yang rencananya akan dikeluarkan untuk UAS Semester 1 Tahun pemikiran 2018/2019 depan. Dimana pada tahun pelajaran 2018/2019 ini kurikulum yang dipakai yaitu kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan sebutan K13. Selain itu, soal-soal ini juga bisa dipakai oleh para siswa di kelas X, kelas XI dan kelas XII yang akan menghadapi ulangan tamat semester. Dengan melaksanakan sering-sering banyak latihan mengerjakan soal UAS semester 1 PPKN kelas X, XI dan XII maka akseptor didik akan lebih gampang menghadapi soal yang keluar ketika UAS berjalan.
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas X, XI, XII tahun pemikiran 2018/2019 Kurikulum 2013. Pada file kumpulan soal PPKn atau Soal PKN UAS Semester 1 Kelas X, XI dan XII ini terdapat pulan kunci jawaban dan pembahasan yang disertakan dalam file tersebut. selain itu, juga terdapat beberapa contoh kartu soal dan kisi-kisi yang akan kami bagikan supaya untuk mempermudah para guru dalam menyusun soal UAS di tahun pelajaran ini. Ada beberapa tipe soal yang kami sediakan dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan soal untuk peserta didik di masing-masing sekolah Anda.
Beberapa review materi pelajaran PPKN di SMA/MK/MA kelas X, XI dan XII.
Pendidikan PPKn di SMA/MA/SMK/MAK diharapkan dapat berfungsi sebagai menjadi wahana bagi peserta didik untuk mengimplementasikan sikap kewarganegaraan, pengetahuan kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari–hari. Pendidikan PPKn di SMA/MA/SMK/MAK menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu memahami, meneledani, dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.
Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Dasar dan Menengah untuk ruang lingkup Pancasila yakni:
- Menghayati dan bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; Menganalisis dan menerapkan keputusan bersama berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Mensyukuri dan mendukung perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara; Menganalisis dan mendemonstrasikan langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
- Menghayati dan menghargai nilai-nilai yang menempel dalam pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; Menganalisis dan menyaji nilai-nilai Pancasila terkait dengan perkara-masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kompetensi yang harus dicapai peserta didik setelah mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan sebagai berikut:
Pancasila
Menghayati, menghargai, menganalisis dan menyaji nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945
Mensyukuri, mendukung, memprediksi dan menalar hasil evaluasi praksis (kehidupan nyata) pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Bhinneka Tunggal Ika
Menghayati, membedakan, mengkontraskan dan menyaji hasil evaluasi pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Negara Kesatuan Republik Indonesia
Mengembangkan, mempertahankan, mengevaluasi dan mendemonstrasikan dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
KOMPETENSI INTI Sekolah Menengan Atas/MA/Sekolah Menengah kejuruan/MAK KELAS X XI dan XII
Kelas X
Kelas X
- KI.1 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
- KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (tolong-menolong, kerjasama, toleran, tenang), santun, responsif dan pro-aktif sebagai penggalan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan insiden, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mampu bangun diatas kaki sendiri, dan bisa menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kelas XI
- KI.1 Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya.
- KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (tolong-menolong, kerjasama, toleran, tenang), santun, responsif dan pro-aktif sebagai cuilan dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan insiden, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kelas XII
- KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
- KI.2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (bersama-sama, kerjasama, toleran, hening), santun, responsif dan pro-aktif sebagai serpihan dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan problem.
- KI.4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
Peta Materi PPKn Sekolah Menengan Atas/MA/Sekolah Menengah kejuruan/MAK
Kelas X
Kelas X
- Nilai-Nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara.
- Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur perihal wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan
- Kewenangan lembaga-lembaga Negara berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
- Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan sentra dan daerah berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, social, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Arti pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kelas XI
- Kasus-masalah pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila.
- Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
- Sistem aturan dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
- Kasus-masalah bahaya terhadap Ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Faktor pedorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kelas XII
- Kasus-masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
- Pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
- Pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEKterhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Link Download:
Soal UAS PKN X Sekolah Menengan Atas :
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas 1 B
Soal UAS PKN XI SMA :
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas XI A
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas XI B
Soal UAS PKN XI SMA :
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas XI A
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas XI B