Download Kisi-Kisi Soal Us Sd/Mi Tahun 2017
Download Kisi-kisi Soal US SD/MI Tahun 2017. Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah (US) Sekolah Dasar (Sekolah Dasar)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), sebaiknya Anda mempelajari Kisi-Kisi Soal US SD/MI Tahun 2017. Anda bisa Download Kisi-kisi soal US SD/MI tahun 2017 pada link download di artikel ini. File kisi-kisi soal US SD/MI tersebut sengaja kami bagikan dalam rangka ikut menyebar luaskan warta yang bermanfaat bagi pendidikan khususnya jenjang SD/MI. Dengan mempelajari Kisi-kisi ini, Anda sanggup memetakan pokok-pokok materi pelajaran yang akan keluar pada saat Ujian Sekolah tahun aliran 2016/2017 ini.
Kisi-kisi Soal US SD/MI 2016/2017. Silahkan Download Kisi-Kisi Soal US/M Sekolah Dasar/MI pada link download yang tersedia di artikel ini. Namun, sebelumnya Anda juga bisa mengetahui proses penyusunan kisi-kisi soal US SD/MI 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyusun kisi-kisi soal berdasarkan kurikulum yang berlaku, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Mengidentifikasi materi yang sama pada muatan/mata pelajaran yang diujikan sesuai Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud no.21 tahun 2006 tentang standar isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan permendikbud no 24 Tahun 2016 ihwal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah:
- Menyusun kisi-kisi soal US/M untuk muatan/mata pelajaran yang diujikan dengan melibatkan pendidik dan mahir peniliaan pendidikan;
- Melakukan validasi kisi-kisi soal US/M dengan melibatkan pendidikan hebat evaluasi pendidikan dan
- memutuskan kisi-kisi soal US/M Tahun pelajaran 2016/2017
Sekolah Dasar/MI, SDLB:
1. Bahasa Indonesia 50 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
2. Matematika 40 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 40 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
Adapun kisi-kisi Soal US/M SD/MI Tahun 2016/2017 adalah sebagai berikut:
1. Kisi-Kisi Soal US Bahasa Indonesia Sekolah Dasar/MI
Materi yang akan diujikan adalah: Membaca Nonsastra
- Menentukan kalimat utama paragraf wacana makhluk hidup atau lingkungan
- Menentukan ilham pokok paragraf
- Menentukan final paragraf
- Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
- Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
- Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Memprediksi insiden berkaitan dengan isi bacaan
- Mengambil warta dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
- Memaknai kata/istilah dalam paragraf
- Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
- Menentukan topik teks percakapan
- Menentukan kalimat sesuai isi iklan
- Menentukan isi paragraf laporan
- Menanggapi isi paragraf isyarat
- Menentukan makna kata dalam paragraf aba-aba
- Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
- Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks klarifikasi (teks prosedur)
- Menentukan isi pidato
- Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
- Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan berdasarkan beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
- Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
Membaca Sastra
- Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Menentukan watak tokoh dongeng
- Menentukan amanat cerita
- Mentukan latar dongeng
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
- Menentukan tema kisah
- Menentukan maksud pernyataan pada pecahan cerita tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh kisah
- Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Menentukan tabiat tokoh kisah
- Menentukan amanat cerita
- Mentukan latar cerita
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
- Menentukan tema kisah
- Menentukan maksud pernyataan pada bab dongeng tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
2. Kisi-kisi Soal US Matematika SD/MI Tahun pemikiran 2016/2017
Materi :
Operasi Hitung Bilangan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan
- bilangan cacah (minimal tiga angka).
- Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
- Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran (positif dan negatif)
- Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
- Menyelesaikan masalah akal budi yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
- Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
- Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
- Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
- Menyederhanakan pecahan
- Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
- Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
- Menyelesaikan persoalan daypikir yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
- Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aneka macam bentuk pecahan.
- Menyelesaikan masalah tentang perbandingan senilai dengan tema tertentu.
- Menyelesaikan soal wacana skala yang berkaitan dengan tema tertentu.
3. Kisi-kisi Soal US IPA SD/MI
Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
- Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
- Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh binatang yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
- Menentukan dasar pengelompokan hewan.
- Menggolongkan binatang berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
- Mengidentifikasi rantai kuliner pada ekosistem tertentu .
- Menentukan organisme yang dapat menduduki bab pada rantai kuliner yang tidak lengkap.
- Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai kuliner yang disajikan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai masakan punah atau berkembang dengan pesat.
- Memberikan pola hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
- Menjelaskan alasan terjadinya kekerabatan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran pola yang diberikan.
- Memberikan tumpuan tanaman yang sanggup dikembangbiakkan menurut ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
- Memberikan dua pola binatang yang berkembang biak dengan cara tertentu.
- Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
- Mengidentifikasi cara hewan tertentu beradaptasi terhadap lingkungannya menurut gambaran.
- Mennjelaskan tujuan binatang/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang/flora dan cara adaptasinya.
- Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentuberdasarkan masalah di suatu tempat.
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
- Menjelaskan tanggapan dari aktivitas insan yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
- Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, pengikisan, atau banjirberdasarkan kasus yang disajikan.
Link Download:
Kisi-Kisi SOAL US SD/MI 2017
Kisi-Kisi SOAL US SD/MI 2017