Rpp Pkwu Sma Kelas X, Xi Xii Semester 1 & 2 K13 Revisi Terbaru 2018/2019
RPP PKWU Sekolah Menengan Atas Kelas XI Semester 1 K13. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang dibasa disebut dengan RPP yakni sebuah dokumen yang sangat penting bagi seorang guru sebelum mereka memulai kegiatan pembelajaran di sekolah. RPP ini dibentuk oleh masing-masing guru yang mengajar pada satuan tingkat pendidikan dan Mata pelajaran Tertentu. Namun, berikut ini kami akan menawarkan contoh RPP Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) SMA kelas XI semester 1.
RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI Semester Ganjil. RPP Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini sudah menggunakan Kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan Kurikulum K13. Jika Anda ialah seorang Guru Bidang Studi PKWU, contoh RPP PKWU Kelas XI Sekolah Menengan Atas ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan RPP PKWU di sekolah masing-masing. Setelah RPP PKWU selesai di buat, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan di belahan Kurikulum untuk ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
Berikut ini merupakan referensi RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) menggunakan Kurikulum 2013 (K13).
==> RPP PKWU KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB : Pengolahan materi nabati dan hewani menjadi kuliner khas daerah
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani sebagai Makanan Khas Daerah
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Jumlah Pertemuan : 3
A. KOMPETENSI INTI:
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, bahu-membahu), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- 3Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
- Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah absurd (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi perihal keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3 Menghayati sikap berafiliasi, bahu-membahu, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan menciptakan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk tanggapan untuk membangun semangat usaha.
3.1 Memahami desain produk dan pengemasan pengolahan dari materi nabati dan hewani menjadi masakan khas kawasan berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
3.1.1 Menghayati, menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan atas keanekaragaman jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi masakan khas kawasan
3.1.2 Memiliki sikap tanggung jawab terhadap keanekaragaman jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas tempat
3.1.3 Menjelaskan pengertian aneka macam jenis bahan pangan nabati dan hewani menjadi kuliner khas tempat
4.1 Mendesain produk dan pengemasan pengolahan dari materi nabati dan hewani menjadi kuliner khas tempat berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.1.1 Mengklasifikasikan berbagai jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi kuliner khas tempat
4.1.2 Mempresentasikan banyak sekali jenis, bahan dan alat materi pangan nabati dan hewani menjadi produk makanan khas tempat berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
C. MATERI PEMBELAJARAN
Fakta:
- Di lingkungan sekitar kita terdapat bermacam-macam kekayaan tumbuhan dan fauna
- Produksi karya pengolahan materi pangan nabati dan hewani menjadi produk kuliner khas kawasan berkembang pesat saat ini
- Masyarakat di sekitar kita banyak menggunakan produk pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi kuliner khas tempat.
- Kita perlu mensyukuri nikmat Tuhan yang sudah memberikan begitu banyak sumber masakan disekitar kita.
Prinsip:
- Membuat pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi kuliner khas daerah dengan memakai alam sekitar sebagai sumber ide
- Penggunaan jejaring social sebagai sumber berguru untuk menemukan banyak sekali jenis, bahan dan alat dalam pengolahan bahan pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas tempat
- Penggunaan kepustakaan untuk menggali ilham gres wacana bahan pengolahan nabati dan hewani menjadi kuliner khas tempat
Procedural:
- Penggalian wangsit dari jenis aneka produk olahan yang sudah ada di lingkungan sekitar
- Eksplorasi ide (pencarian ilham gres) dari lingkungan sekitar (nabati dan hewani)
- Menggunakan jejaring social sebagai sumber wangsit
- Memadukan hasil ide dari lingkungan sekitar dan jejaring social untuk dijadikan inspirasi kreatif dalam memahami jenis aneka produk olahan dari nabati dan hewani
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama ( 2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan
- Pendidik memberi Salam dan menanyakan kabar kepada penerima didik dengan kalimat : “Bagaimana kabar kalian hari ini, sehat semua?
- Pendidik memberikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai akseptor didik melalui power point.
- Pendidik mengatakan cakupan materi yang akan dibahas dan penerima didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.
- Pendidik memperlihatkan kepada akseptor didik tumpuan gambar dan beberapa hasil produk olahan bahan nabati dan hewani
b. Kegiatan Inti
Mengamati:
1. Peserta didik mengamati beberapa :
2. Jenis makanan olahan bahan nabati dan hewani dengan serius
3. Bahan yang dipakai dalam olahan nabati dan hewani dengan cermat dan teliti
Menanya:
1. Peserta didik dengan atau tanpa pinjaman guru menanya tentang bahan nabati dan hewani produk kuliner khas daerah
2. Peserta didik mendiskusikan dengan sobat sejawat perihal materi nabati dan hewani untuk produk makanan khas daerah
3. Pendidik bertanya perihal bahan nabati dan hewani untuk produk kuliner khas tempat
4. Pendidik bertanya perihal bahan nabati dan hewani untuk produk masakan khas kawasan dari sumber jejaring social, perpustakaan, dan sumber lain.
Mengumpulkan informasi:
1. Peserta didik mengakses jejaring social tentang materi nabati dan hewani produk kuliner khas kawasan
2. Peserta didik ke perpustakaan untuk mencari data perihal bahan nabati dan hewani produk makanan khas tempat
3. Peserta didik ke lingkungan sekolah untuk melihat materi nabati dan hewani produk makanan khas daerah sebagai sumber ide
Mengasosiasikan :
Peserta didik mengaitkan data dari jejaring social, perpustakaan dan lingkungan sekitar sebagai sumber inspirasi untuk ditarik menjadi satu kesimpulan
Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil kesimpulan dari perpaduan data dari jejaring social, perpustakaan, dan lingkungan sekitar dengan sopan dan damai serta menghargai siswa yang lain yang mengajukan pendapat yang berbeda
c. Kegiatan Penutup
1. Pendidik dan penerima didik membuat kesimpulan atau reflksi dari berita yang sudah dikomunikasikan di depan kelas.
2. Peserta didik memberikan tawaran untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3. Peserta didik mendapatkan tugas mencari pola aneka masakan olahan nabati dan hewani
4. Guru menunjukkan pesan moral terkait dengan kuliner khas kawasan
2. Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar dilanjutkan dengan apersepsi.
2. Guru memberikan topik tentang materi pelajaran yang akan diajarkan
3. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 1 supaya mempersiapkan kelompoknya).
b. Kegiatan Inti
Mengamati:
1. Peserta didik menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian materi nabati dan hewani
2. Peserta didik menyimak berbagai kandungan dan manfaat bahan nabati dan hewani
3. Pendidik menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya:
1. Peserta didik mendiskusikan dengan sobat sebangku mengenai contoh gambar dengan menjelaskan alat yang diharapkan dan teknik yang dipakai
2. Peserta didik mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai aneka macam kandungan dan manfaat bahan nabati dan hewani
3. Pendidik bertanya perihal gambar yang ditampilkan
4. Pendidik bertanya wacana pendapat dari aneka macam sumber tentang pengertian materi nabati dan hewani
5. Pendidik bertanya perihal kandungan dan manfaat materi nabati dan hewani
Mencoba:
1. Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan tekstil
2. Peserta didik membaca buku teks perihal berbagai kerajinan tekstil
3. Peserta didik membaca buku teks ihwal banyak sekali fungsi kerajian tekstil
Mengasosiasi:
1. Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
2. Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para hebat mengenai pengertian materi nabati dan hewani
3. Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan berbagai jenis olahan bahan nabati dan hewani (setiap kelompok berbeda pembahasan)
4. Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan aneka macam kandungan dan manfaat bahannabati dan hewani
Mengomunikasikan:
Pendidik menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing /menilai keterampilan, menganalisis, meng-gunakan teori dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami pengertian bahan nabati dan pangan serta kandungan dan keuntungannya
c. Kegiatan Penutup
1. Pendidik dan peserta didik menciptakan kesimpulan atau reflksi dari gosip yang sudah dikomunikasikan di depan kelas.
2. Peserta didik memberikan usulan untuk
3. perbaikan pembelajaran berikutnya
4. Peserta didik mendapatkan kiprah mencari teladan aneka makanan olahan nabati dan hewani
5. Guru menawarkan pesan moral terkait dengan kuliner khas daerah
Itulah tadi beberapa rujukan isi dari RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) yang menggunakan kurikulum 2013. Contoh tersebut di atas bukanlah merupakan isi dari keseluruhan dari RPP yang dibutuhkan. Namun, untuk RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) yang lengkap bisa diunduh melalui link berikut ini: